Selasa, 03 Mei 2011

dari perbincangan ringan antara saya dengan ibu saya

saya mau sedikit berbagi wacana yg saya dptkan dari perbincangan ringan antara saya dengan ibu saya...kebetulan ibu saya bekerja di slah satu bank elit di negara ini sob... kebetulan perbincangan ini memang tidak sengaja atau saya gak tahu juga klo ada maksud tertentu dari ibu saya, yg kurang saya sadari....

perbincangan dimulai ketika saya menjemput ibu saya dari rumah saudaranya...pertama-tama ibu saya mengatakan "sudah 2 minggu ini LC (leter of credit) dari Amerika sedikit sekali gak kyk biasanya,knp ya?" kemudian saya menjawab "ya kan Amerika hampir mau bangkrut negaranya, malah kapan hari sempat deadlock, semua layanan publik di tutup 3 hari klo gak salah itu mulai dari kantor pemerintah sampai rumah sakit." kemudian ibu saya menjawab "wah berarti benar ya kata prediksi orang kantor,klo Amerika akan diganti sama China." ibu saya kebetulan di bank tersebut bekerja di bagian eksport import dan di bagian tersebut ibu saya lah yg menangani LC dari Amerika, jd klo ada LC yg masuk dan keluar untuk Amerika ibu saya pasti tahu bener lah.... kemudian ibu saya juga bercerita klo sebenarnya Amerika, masyarakatnya bnyk imgrannya jd masyrakat Amerika yg asli itu sebenarnya orang indian itu sob... kemudian ibu saya juga bercerita malah sekarang tu banyak sekali LC yg dari China....kemudian saya menjawab memang betul China sebentar lagi yg akan mengambil kendali...gin sob saya bisa bicara seperti itu karena informasi yang saya dpt di internet, e-book, juga dari diskusi saya dgn beberpa tmn...malah ada informasi bahwa kita juga akan menjadi 3 besar di Asia setelah China dan India... kemudian  ibu saya kembali bercerita tentang bosnya yg mengakatakan, gara-gara gempa kemarin d Jepang, Jepang akan memindahkan hampir semua pabriknya ke Indonesia, karena disana mereka kesulitan membangun kembali pabrinya kata beliau hal itu bagus sih,tp klo kita gak ada perubahan, ketika hal itu terjadi maka bisa jadi kita akan hdp sprt dijajah yg berati kita tdk bisa menjadi tuan rumah di rumah sendiri......

kemudian dari perbincangan td sob, akhirnya membuat saya berpikir,sebenarnya apasih yg perlu kita rubah dari diri kita???? jawabanya pst banyak sob, tp menurut saya ada yg paling penting yg harus kita rubah sob dari diri kita pribadi, yaitu MENTAL sob....menurut saya itu yg paling penting dan mendasar...knp saya bilang harus mental kita yg harus kita rubah???gini sob, kita semua tahulah mental kita sekarng seperti apa,kita kurang memiliki mental yg berani sob. contoh sedarhana aja sob, ketika kalian di kelas sekolah,kuliah atau tmpt kerja brp orang sih diantara kita yg berani mengungkapkan pendapatnya mengenai suatu wacana??apa lagi yg mengatakan "pendapat saya jauh berbeda dgn anda semua" atau "saya sangat tdk setuju dgn pendapat anda semua"...gak banyak sob,mungkin yg berani mengatakan hal itu cuma beberapa dan biasanya ya cuma orang-orang itu aja, ya gak sob....maka dari itu sob, yuk kita rubah mental kita sedikit demi sedikit ke arah yg lebih baik sob...i know kita gak bisa merubah mental kita secara cepat,paling gak ketika kalian dlm suatu diskusi apapun dan dimanapun ketika kalian gak setuju dgn sesuatu paling gak kita berani berkata "lho kok gitu?" atau "knp kok bisa gitu?" dan kalau kalian tahu yg sebenarnya kalian bisa berkata "kan harusnya gini......." 

inget sob kita sekarang hidup di dunia yg memperbolehkan kita berbicara banyak dan sebayak yg kalian tahu dan bukan amanya lagi sob kita harus menyembuyikan sesuatu kita harus bagi sesuatu itu ke orang lain,biar orang lain juga tahu tentang sesuatu tersebut.....klo kita menuntut perubahan, paling gak kita harus berani mengatakan apa yang kita inginkan sob,meskipun nanti akan ada perbedaan, tp tetep sob, kita harus bisa menghargai perbedaan, kan perbedaan membuat kita lebih cerdas dan lebih indah sob.....

trs klo kalian masih pesimistis dgn keadaan di Indonesia sob, berarti kalian perlu lbh tahu lagi ttng Indonesia..klo kalian masih ragu untuk melangkahkan kaki ke langkah pertma, berarti kalian HARUS mencoba, bukannya dulu kita juga gak bisa berdiri dan berjalan,trs knp kita skrng bisa berdiri dan berjalan bahakan sekarang kita bisa berlari malahan,karena kita belajar dan mau mencoba....klo nanti kita terjatuh dan sakit itu wajar kok sob,yg penting gmn caranya kita gak jatuh ke lubang itu2 aja kan....

mungkin dari kalian ada yg berpendapat SDM kita kan klo bersaing sama orang luar....berarti kalian belum tahu kita punya Juara dunia Fisika,kita punya banyak orang kreatif seperti oskar lawalata dan orang yg membuat acara "i like monday" di hard rock cafe (sayang saya lupa namanya)yg sudah diakui dunia....trs klo kalian msh pesimis skrng,sbenarnya wajar juga sih,kan kita sekarang ini tahunya lewat koran dan tv dan sayangnya media tersebut memberi porsi kebobrokan kita lbh banyak daripada porsi yg membuat kita bangga...maka dari itu masalah kualitas SDM saya yakin kita bisa jauh lbh unggul dari mereka,asal mental yg kita miliki sekarang kita rubah menjadi mental sang PEMBERANI.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar